Recent twitter entries...


»»

English French German Spain Italian Russian Portuguese Japanese Korean Chinese Simplified






-

Setting SMTP Google di VBulletin

Apa itu SMPT ?
Simple Mail Transfer Protocol merupakan salah satu protokol yang umum digunakan untuk pengiriman surat elektronik di Internet. Protokol ini dipergunakan untuk mengirimkan data dari komputer pengirim surat elektronik ke server surat elektronik penerima.
Protokol ini timbul karena desain sistem surat elektronik yang mengharuskan adanya server surat elektronik yang menampung sementara sampai surat elektronik diambil oleh penerima yang berhak.

Pasti kita semua sudah tidak asing lagi dengan email kan ? ya, surat elektronik yang biasa kita gunakan untuk berbagi informasi di era modern ini, taukah anda bagaimana email itu bisa terkirim? bisakah kita membuat email dengan nama domain sendiri ? contohnya nama@namaanda.com.

Taukah anda bahwa fasilitas pengiriman email itu dapat kita manfaatkan untuk website yang kita buat?
Oke kali ini saya hanya sedikit menulis tentang cara menggunakan fasilitas SMTP google untuk mail admin VBulletin kita.
Yang kita butuhkan hanyalah almat email google (gmail) jadi kita harus mempunyai satu email account gmail dulu, kemudian masukan setting smtp seperti berikut :

SMTP Host : smtp.gmail.com
SMTP Port : 465
SMTP Username : accountanda@gmail.com
SMTP Passwd : passwd_email_anda
SMTP Secure Connection : TSL

Dengan demikian seluruh aktifitas pengiriman email web anda (dalam hal ini forum dengan VBulletin) akan mengirimkan email dengan menggunakan alamat gmail anda tetapi dengan nama yang berbeda (bukan nama di gmail) melainkan nama Website anda.

Selamat mencoba .. CMIIW ! :)

Comments (0)

Post a Comment

ADVERTISE SPACE AVAILABLE HERE
justikmal@gmail.com | www.justikmal.tk