Recent twitter entries...


»»

English French German Spain Italian Russian Portuguese Japanese Korean Chinese Simplified






-

Tips Mudah Belajar


Simaklah sedikit catatan ku ini kawan, sumbernya ku dapat dari dosen pengajar di salah satu universitas swasta yang ada di Bekasi.

Pertama kali dosen itu mengajar, ku lihat sikapnya yang tegas walau sebenarnya senang bercanda. Beliau mengajar mata kuliah Bahasa Inggris. Cara penyampaiannya menjadikan ku yakin akan dapat mengikuti mata kuliahnya dengan baik.



Di sela-sela pertemuan perdana dengan dosen ini, beliau sempat sedikit bercerita tentang masa lalu nya yang juga menempuh pendidikan Strata 1 nya di Universitas yang sedang ku duduki bangkunya sekarang ini. Dan kemudian ia berbagi tips agar kita dapat memahami pelajaran dengan sempurna. Berikut tips nya :

1. Merasa Butuh .

Tips paling utama dan paling pertama ialah merasa butuh dengan pelajaran atau mata kuliah tersebut.

Mengapa ? Karena jika kita tidak merasa butuh (Tidak butuh / tidak suka) maka akan timbul rasa tidak mau tau, lalu bagaimana kita dapat menguasai pelajaran atau mata kuliah itu ?

Apapun pelajaran/mata kuliah nya mau tidak mau, wajib kita menyukainya (Merasa Butuh).

2. Mengetahui Karakter Dosen/Pengajar .

Tips yang kedua ialah pentingnya kita mengetahui karakter seorang Dosen/Pengajar kita. Agar kita dapat mengimbangi serta mengikuti keinginan Dosen/Pengajar tersebut.
Mengapa kita perlu mengimbangi/mengikuti keinginan Pengajar? Karena seluruh hasil maupun proses belajar akan tergantung dengan Pengajar, begitu juga karena ialah yang memberi nilai.

Misalnya peraturan yang Dosen/Pengajar itu tentukan, tidak semua Pengajar akan memiliki peraturan yang sama. Katakan satu contoh ketika kita datang terlambat masuk kelas, tidak semua Dosen/Pengajar dapat mempersilahkan kita duduk mengikuti pelajarannya, karena itu tergantung dengan peraturan yang ia buat berdasarkan sifat dan karakter Dosen/Pengajar tersebut.

Oleh karena itu, cobalah pahami sifat/karater Dosen/Pengajar anda.

3. Cari Teman yang Kondusif .

Tidak kalah pentingnya, justru di suatu ketika akan menjadi masalah besar jika anda bertemu dengan teman yang tidak kondusif, dalam artian selalu mengganggu dan membuat resah kegiatan anda terutama saat belajar.

Bahkan saat berkumpul dengan teman pun akan terasa resah jika teman yang anda miliki tidak kondusif. Otomatis akan mengganggu konsentrasi anda saat belajar.
Maka jauhilah teman yang menurut anda kurang kondusif.


Ketiga faktor diatas sangat mempengaruhi sekali kegiatan belajar anda, satu saja diantara tips diatas tidak terpenuhi maka akan terasa kesuliatan dalam memahami suatu Pelajaran/Mata Kuliah.

Comments (3)

manteppp ... keren mal...

like this

Thank's sob .. ;)

siip mal, teruskanlah

Post a Comment

ADVERTISE SPACE AVAILABLE HERE
justikmal@gmail.com | www.justikmal.tk